Untuk menyatakan tempat keberadaan benda dan orang dalam bahasa Jepang dengan mudah, Yuk.... kalian simak pembahasan tentang percakapan bahasa Jepang tentang tempat keberadaan benda dan orang.
|
Percakapan Bahasa Jepang Tentang Tempat Keberadaan Benda dan Orang |
Untuk konsep teori tentang percakapan tempat keberadaan benda dan orang dalam bahasa Jepang ini, kalian dapat membacanya di blog ini dengan judul berikut atau untuk klik saja judulnya untuk langsung menuju lokasi:
PERCAKAPAN TENTANG TEMPAT KEBERADAAN BENDA
Ingat dalam struktur kalimat bahasa Jepang, kata benda akan menggunakan kata arimasu 「あります」ya! Oke... disini ada 12 contoh teks percakapan tentang tempat keberadaan benda dalam bahasa Jepang. berikut contoh teks percakapannya:
1. Contoh percakapan tempat keberadaan benda
Q: プロジェクター は きょうしつ に ありますか。
プロジェクター は 教室 に ありますか。
Purojekutaa wa kyoushitsu ni arimasuka.
Apakah LCD ada di kelas?
A: はい、プロジェクター は きょうしつ に あります。
はい、プロジェクター は 教室 に あります。
Hai, purojekutaa wa kyoushitsu ni arimasu.
Iya, LCD ada di kelas.
atau
A: はい、あります。
Hai, arimasu.
2. Contoh percakapan tempat keberadaan benda untuk jawaban tidak ada (bentuk negatif)
Q: プロジェクター は きょうしつ に ありますか。
プロジェクター は 教室 に ありますか。
Purojekutaa wa kyoushitsu ni arimasuka.
Apakah LCD ada di kelas.
A: いいえ、プロジェクター は きょうしつ に ありません。
iie, purojekutaa wa kyoushitsu ni arimasen.
Tidak, LCD tidak ada di kelas.
atau
A: いいえ、ありません。
iie, arimasen.
Tidak, tidak ada.
3. Contoh percakapan di mana tempat keberadaan benda
Q: かびん は どこ に ありますか。
Kabin wa doko ni arimasuka.
Vas bunga ada di mana?
A: かびん は きょうしつ に あります。
花瓶 は 教室 に あります。
Kabin wa kyoushitsu ni arimasu.
Vas bunga ada di kelas.
PERCAPAKAN POSISI TEMPAT KEBERADAAN BENDA
Masih tentang benda, namun pembicara memberitahu dengan posisi tempat keberadaan benda kepada lawan bicara.
4. Contoh percakapan posisi keberadaan benda
Q: プロジェクター は つくえ の うえ に ありますか。
Purojekutaa wa tsukue no ue ni arimasuka.
Apakah LCD ada di atas meja?
A: はい、プロジェクター は つくえ の うえ に あります。
はい、プロジェクター は 机 の 上 に あります。
Hai, purojekutaa wa tsukue no ue ni arimasu.
Iya, LCD ada di atas meja.
atau
A: はい、あります。
Hai, arimasu.
Iya, ada.
5. Contoh percakapan posisi keberadaan benda untuk jawaban tidak ada (bentuk negatif)
Q: プロジェクター は つくえ の うえ に ありますか。
プロジェクター は 机 の 上 に ありますか。
Purojekutaa wa tsukue no ue ni arimasuka.
Apakah LCD ada di atas meja?
A: いいえ、プロジェクター は つくえ の うえ に ありません。
いいえ、プロジェクター は 机 の 上 に ありません。
iie, purojekutaa wa tsukue no ue ni arimasen.
Iya, LCD ada di atas meja.
atau
A: いいえ、ありません。
iie, arimasen.
Tidak, tidak ada.
6. Contoh percakapan posisi keberadaan benda
Q: かびん は どこ に ありますか。
花瓶 は どこ に ありますか。
Kabin wa doko ni arimasuka.
Vas bunga ada di mana?
A: かびん は つくえ の うえ に あります。
花瓶 は 机 の 上 に あります。
Kabin wa tsukue no ue ni arimasu.
Vas bunga ada di atas meja.
PERCAKAPAN TENTANG TEMPAT KEBERADAAN ORANG
Untuk struktur kalimat menyatakan tempat keberadaan orang akan menggunakan kata imasu 「います」. Berikut beberapa contoh percakapannya:
7. Contoh percakapan keberadaan orang
Q: ディナさん は きょうしつ に いますか。
ディナさん は 教室 に いますか。
Dina-san wa kyoushitsu ni imasuka.
Apakah Dina-san ada di kelas?
A: はい、ディナさん は きょうしつ に います。
はい、ディナさん は 教室 に います。
Hai, Dina-san wa kyoushitsu ni imasu.
Iya, Dina-san ada di kelas.
atau
A: はい、います。
Hai, imasu.
Iya, ada.
8. Contoh percakapan keberadaan orang untuk jawaban tidak ada (bentuk negatif)
Q: ディナさん は きょうしつ に いますか。
ディナさん は 教室 に いますか。
Dina-san wa kyoushitsu ni imasuka.
Apakah Dina-san ada di kelas?
A: いいえ、ディナさん は きょうしつ に いません。
いいえ、ディナさん は 教室 に いません。
iie, Dina-san wa kyoushitsu ni imasen.
Tidak, Dina-san tidak ada di kelas.
atau
A: いいえ、いません。
iie, imasen.
Tidak, tidak ada.
9. Contoh percakapan keberadaan orang
Q: アニせんせい は どこ に いますか。
アニ先生 は どこ に いますか。
Ani-sensei wa doko ni imasuka.
Ibu (guru) Ani ada di mana?
A: アニせんせい は しょくいんしつ に います。
アニ先生 は 職員室 に います。
Ani-sensei wa shokuinshitsu ni imasu.
Ibu (guru) Ani ada di ruang guru.
PERCAKAPAN TEMPAT POSISI KEBERADAAN ORANG
Pada bagian ini pembicara memberitahu dengan posisi tempat keberadaan orang kepada lawan bicara.
10. Contoh percakapan tempat posisi keberadaan orang
Q: さくらさん は イカさん の うしろ に いますか。
さくらさん は イカさん の 後ろ に いますか。
Sakura-san wa Ika-san no ushiro ni imasuka.
Apakah Sakura-san ada di belakang Ika-san?
A: はい、さくらさん は イカさん の うしろ に います。
はい、さくらさん は イカさん の 後ろ に います。
Hai, Sakura-san wa Ika-san no ushiro ni imasu.
Iya, Sakura-san ada di belakang Ika-san.
atau
A: はい、います。
Hai, imasu.
Iya, ada.
11. Contoh percakapan tempat posisi keberadaan orang untuk jawaban tidak ada (bentuk negatif)
Q: さくらさん は イカさん の うしろ に いますか。
さくらさん は イカさん の 後ろ に いますか。
Sakura-san wa Ika-san no ushiro ni imasuka.
Apakah Sakura-san ada di belakang Ika-san?
A: いいえ、さくらさん は イカさん の うしろ に いません。
いいえ、さくらさん は イカさん の 後ろ に いません。
iie, Sakura-san wa Ika-san no ushiro ni imasen.
Tidak, Sakura-san tidak ada di belakang Ika-san.
atau
A: いいえ、いません。
iie, imasen.
Tidak, tidak ada.
12. Contoh percakapan tempat posisi keberadaan orang
Q: アディせんせい は どこ に いますか。
アディ先生 は どこ に いますか。
Adi-sensei wa doko ni imasuka.
Bapak (guru) Adi ada di mana?
A: アディせんせい は イカせんせい の となり に います。
アディ先生 は イカ先生 の 隣 に います。
Adi-sensei wa Ika-sensei no tonari ni imasu.
Bapak (guru) Adi ada di sebelah Ibu (guru) Ika.
Nah… Bagaimana beberapa contoh percakapan bahasa Jepang tentang tempat keberadaan benda dan orang di atas, jadi dari contoh percakapan di tas dapat disimpulkan bahwa bentuk praktek dari konsep materi tentang kalimat menyatakan keberadaan dan posisi benda dalam bahasa Jepang, serta materi kalimat menyatakan keberadaan dan posisi orang dalam bahasa Jepang.
Dan... demikianlah pembahasan materi kali ini, semoga dari penjelasan di atas dapat membantu pembelajaran tentang menyatakan tempat keberadaan suatu benda dan orang dengan bahasa Jepang.
Semoga bermanfaat!
Blogger yang senang mempelajari hal-hal baru seputar Blog, SEO dan Bisnis Online.
Bisa dipake buat latihan Nih.
ReplyDelete